Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
,
Rabu, 21 Desember 2011

Masalah dan Metode Pemecahannya

Diposting oleh Wak Poo prasetyo

Didunia ini siapa sih manusia yang tidak punya masalah..?? Tentu saja tiap orang didunia ini pasti pernah mengalami yang nama nya masalah ,baik itu masalah yang berat atau ringan , nah menurut beberapa sumber yang saya peroleh masalah bisa didefinisikan sebagai sebuah kondisi yang tidak menyenangkan yang dialami oleh seorang manusia .



Kita sependapat bahwa semua orng memiliki masalah , bahkan masalah itu terus berdatangan seiring dengan perjalanan hidup kita , orang yang sukses bukan lah orang yang bebas dari masalah ,tetapi mereka yang b isa mengatasi masalah -masalah yang terus berdatangan silih berganti dalam hidup nya.

Sebagaimana mestinya sebuah masalah patut nya kita selesaikan dengan benar dan secepatnya karena mengabaikan sebuah masalah bisa membahayakan hidup kita , masalah akan datang terus ,jika satu masalah tidak segera diatasi maka masalah yang kita miliki akan menumpuk , semakin lama akan semakin menggunung sehingga kita akan terjepit masalah , oleh karena itu salah satu Life Skill yang harus kita miliki adalah bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Dari  lucytory.blogspot.com yang merupakan salah satu sumber materi dari artikel ini saya membaca bahwa disitu dijelaskan ada beberapa macam cara memecahkan masalah yang diambil dari sebuah buku karya John C. maxwell ,disitu dikatakan bahwa jangan sekali kali mempercayai bahwa sebuah masalah tidak dapat dipecahkan , hal ini yang membuat sebuah masalah bermain dalam hidup kita  , setiap masalah pasti dapat dipecahkan , kalaupun ada suatu masalah yang tidak dapat dipecahkan ,maka bicaralah pada diri sendiri "saya tidak tahu bagaimana memecahkan setiap masalah , itu tidak  berarti setiap masalah tidak dapat dipecahkan ,ini hanya berarti saya belum menemukan orang yang tepat untuk menolong saya ini berarti saya belum cukup berusaha keras untuk mengatasinya ,saya belum bekerja cukup lama , saya belum memikirkan sampai tuntas ,saya perlu mendatangkan sumber daya lainnya ,setiap masalah pasti bisa dipecahkan" itu semua yang harus ditanamkan dalam diri anda.

Saat kita menemukan masalah , maka kita harus bisa menemukan ide-ide briliant bagaimana mengatasi masalah tersebut , kemampuan ,kreatifitas sangat lah penting dalam hal ini ,karena kebanyakan orang yang putus asa adalah mereka yang tidak punya ide lagi untuk menyelesaikan masalah nya tersebut , ide-ide yang terus mengalir dan semangat dari dalam diri kita untuk menyelesaikan suatu masalah itu sangat lah penting untuk membangun rasa kepercayaan diri kita dalam mengatasi suatu masalah ,jika itu semua sudah ada dalam diri kita maka secara tidak langsung lambat laun akan mengantarkan kita ke sebuah solusi.

Jadi untuk jangka panjang tingkatkan kreatifitas anda ,agar selalu siap menyelesaikan setiap masalah yang datang menghampiri kita , yang kedua tetap lah semangat untuk mencoba berbagai ide sampai menemukan suatu pemecahan yang solutif dan positif.

Dengan itu semua kita bisa termotifasi untuk kembali berusaha memecahkan masalah tersebut ,ada beberapa yang perlu kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Definisikan dengan jelas masalah anda diatas kertas , tulis masalah yang kita hadapi diatas sebuah kertas tersebut kemudian kita akan memisahkan gejala dari masalah yang sesungguhnya , begitu kita membayangkan seluruh persoalan ,pikiran kita akan bisa memulai melihat pemecahannya.
  2. Ambilah rencana untuk memecahkan masalah kita , kita dapat memecahkan masalah menjadi 5 sampai 6 bidang ,tanyakan pada diri anda sendiri ,bidang mana yang paling dapat kita selesaikan dengan cepat , uruslah bidang itu ,kemudian masalah kita berkurang menjadi 4 bidang ,ambilah bidang berikutya ,maju terus sampai masalah itu lenyap dan terselesaikan semua.
  3. Daftarkanlah semua jalur tindakan yang mungkin bisa anda pikirkan , tuliskanlah 5 samapi 6 pemecahan yang mungkin bisa kita gunakan . Banyak dari kita yang hanya memikirkan satu cara pemecahan masalah saja , sehingga ketika cara itu gagal , mereka menyimpulkan masalah tidak dapat dipecahkan ,mulailah menyerang masalah dari segi yang berbeda-beda ,paling tidak satu diantaranya dapat menjadi jalan pemecahan dari masalah tersebut .
  4. Daftarkanlah semua orang dan sumber gagasan yang mungkin membantu anda memecahkan masalah , tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri karena sejatinya kita mahluk sosial , untuk itu tuhan menganjurkan kita untuk saling mengenal dan saling membantu satu sama lain nya .
  5. Bayangkanlah semua jalur yang berbeda ini , pikirkanlah benar-benar proses dari pemecahan masalah yang kita pilih , kita bisa menyingkirkan beberapa pilihan yang sudah jelas tidak mungkin berhasil.
  6. Pilihlah jalur tindakan yang terbaik dan majulah terus , lihatlah pada masalah tersebut , pilihlah jalur tindakan yang paling baik, dan kejarlah itu.
  7. Jangan sekali-kali membiarkan masalah , mencegah dan mengambil keputusan yang tepat , begitu kita tergoda untuk hidup dengan masalah , karena apabila masalah dipecahkan ada seseorang yang sakit hati , jangan membuang pemecahan yang benar dan mengambil jalan yang mudah, intinya jangan mengambil keputusan memecahkan suatu masalah dengan jalan pintas yang merugikan orang lain.
  8. Apa yang kita lihat dan kita cari cara menentukan sukses atau gagal nya kita, sukses dalam pemecahan masalah paling banyak berhubungan dengan orangnya ,dari pada dengan masalahnya

Lakukan itu semua dengan baik dan dengan cara yang tepat karena sejatinya sebuah masalah yang berlarut-larut akan membebani diri kita dan parahnya akan membawa kita pada depresi atau stres seperti yang telah saya jelas kan pada artikel saya sebelumnya .

Intinya selalu berpikir positif dan jangan lupa berdo'a dalam menghadapi suatu masalah karena jika itu dilakukan secara bersamaan maka niscaya tuhan pun akan memberikan jalan terbaik bagi kita dalam menyelesaikan suatu persoalan atau masalah, tak lupa kunci utama dalam diri kita adalah selalu optimis, atau semangat dan jangan sekali-kali berputus asa , karena sejatinya tuhan pun tidak menyukai seorang manusia yang berputus asa.

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini