Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
,
Rabu, 21 Desember 2011

Fakta Tentang Stres dan Penjelasannya

Diposting oleh Wak Poo prasetyo


Sebenarnya  alamiah jika seorang manusia merasakan yang nama nya stres , namun ada berbagai macam jenis stres yang bisa kita temui , entah itu karena tekanan ,pekerjaan atau pun yang lain nya



Stres  sebenarnya  dapat didefiisikan sebagai sebagai dorongan dari dalam atau pun luar yang bersifat psikis yang mempengaruhi suatu individu atau jiwa seseorang akibat dari dorongan tersebut ,banyak efek dari stres yang bisa kita alami sebagai dampak yang bisa dirasakan tubuh , diantaranya seperti yang telah kita tahu kita bisa mengalami susah tidur atau imsomnia ,berkurangnya nafsu makan , yang berdampak pada menurun nya metabolisme tubuh seseorang tersebut hingga pada akhirnya akan mempengaruhi semua organ yang bekerja ,orang yang mengalami stres biasanya akan berkurang berat badan nya ,baik itu pelan-pelan maupun ada juga yang berkurang secara drastis

Secara umum stres bisa dibagi menjadi dua faktor penyebab , yaitu faktor eksternal dan faktor internal . Faktor eksternal yaitu yang berhubungan dengan lingkungan kita, termasuk pekerjaan ,hubungan kita dengan orang lain , lingkungan rumah dan semua situasi ,tantangan ,dan kesulitan yang kita hadapi setiap hari . Sedangkan faktor internal adalah kemampuan anda dalam mengatasi stres yaitu faktor makanan ,gizi , tingkat kebugaran serta emosional dan jumlah tidur atau istirahat yang kita dapatkan, apakh itu semua sudah cukup,.? Kalau faktor internal tersebut tidak kita dapatkan dengan cukup maka tak bisa dihindari kita akan mudah sekali terserang stres .

Stres bisa menyerang kapan saja tanpa melihat waktu dan membuat seseorang yang terseran stres tersebut mengalami susah tidur serta sulit berpikir jernih atau bahkan mungkin menjadi seorang yang muda lupa atau pelupa kondisi ini karena stres yang muncul mempengaruhi pola berpikirnya , stres yang timbul bisa mempengaruhi hampir seluruh tubuh mulai dari fisik ,psikologis hingga pola pemikiran seseorang , jika hal ini terus menerus terjadi maka bisa menimbulkan dampak yang lebih serius lagi.

Ketika seseorng sedang stres terutama jika merasa cemas atau tertekan maka kemampuan untuk berpikir jernih dan obyektif akan terganggu , kondisi ini membuat orang tersebut meras kurang mampu atau menjadi lebih lemah dari sebenarnya , seperti yang telah saya kutip dari Psychcentral.com .hari senin (11/4/2011).

Tapi ketika orang tersebut sudah menyerah untuk tidak memikirkan masalh yang membuatnya stres tersebut atau berada dalam suasana santai ,maka hal yang perlu di ingat kadang-kadang bisa tiba-tiba muncul dalam pikiran orang tersebut  hal ini karena selama stres tubuh akan merespon dengan melepaskan hormon yang bisa memicu perubahan fisik serta otot jantung yang berdetak lebih cepat dari biasanya ,hormon yang dilepaskan ledalam aliran darah selams stres akan mempengaruhi otak dan kemampuan nya untuk berpikir .

Cara yang paling sederhana untuk memulihkan diri dari stres yang mendera diri kita adalah dengan menenangkan diri atau relaksasi hingga kita bisa merasa nyaman dan sedikit melupakan egelisahan kita hingga pada akhirnya otak kita bisa berpikir jernih kembali .

Selain itu pada faktanya stres yang dialami ole seorang ibu terutama yang menyusui atau pun bahkan yang baru melahirkan akan sangat berdampak pada sang bayi tersebut karena menurut penelitian ,seorang bayi bisa merasakan jika sang ibu sedang stres , apalagi jika sang ibu tersebut menyusui anak nya maka hormon yang dilepaskan oleh akibat dari stres sang ibu akan ikut masuk melalui air susu ibu yang kemudian diminum sang bayi ,hingga tak jarang jika sang ibu sedang stres maka sang anak pun akan ikut rewel .

Berdasarkan sebuah studi yang saya baca bahwa masalah emosi yang dialami oleh seorang ibu dan kebiasaan tidur bayi sangat berkaitan erat , bahkan pada orang tua yang suda beberapa kali memiliki anak. Sekitar dua per tiga ibu yang mengalami depresi setelah melahirkan (Postpartum Depresion) akan memiliki bayi dengan pola tidur yang tidak baik ,ibu yang depresi atau sters ini akan menggangu kemampuan nya dalam memberikan kehangatan emosiaonal yang diperlukan dalam perkembangan bayi dan membantunya tertidur ,kondisi ini akan akan membuat bayi yang memiliki ibu stres atau depresi akan memiiki masalah kurang tidur dibanding dengan bayi yang ibunya tidak stres ,hal ini menunjukkan bahwa sebagian bayi sulit tidur ternyata disebabkan pengaruh dari faktor emosional ibunya  seperti yang telah saya baca dari MSN.com selasa (1/3/2011).

Studi yang dilakukan Roseanne Armatige dan rekan dari University of Michigan menemukan bahwa bayi yang memiliki riwayat ibu nya stres atau depresi akan memiliki pola tidur yang tidak teratur , sibayi jadi tidak bisa membedakan kapan waktunya tidur dan kapan waktunya bangun karena ibu yang stres tidak mampu memberikan kehangatan dan kenyamanan agar si bayi tidur.

Berikut ini beberapa relaksasi yang bisa dicoba bagi anda yang mengalami stres dantaranya adalah :

  1. Pilihlah tempat yang tenang dan tidak diganggu oleh orang lain
  2. Buatlah diri merasa senyaman mungkin
  3. Mulailah bernafas secara perlahan dan dalam keadaan suasana hati yang tenang
  4. Jangan memaksakan diri untuk rileks ,tapi cobalah melepaskan ketegangan pada otot yang memungkinkan orang menjadi rileks lalu usahakan untuk menghilangkan pikiran-pikiran yang menggangu
  5. Jika memungkinkan cobalah membayangkan hal-hal yang indah dan menyenangkan dalam hidup sambil menutup mata

Selain itu juga ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk melepaskan stres yang pada umum nya melalui makanan dan juga seks ,menurut penelitian yang perna saya baca beberapa makanan juga bisa mengurangi efek dari stres yang dialami seseorang diantaranya adalah coklat, seperti yang kita tahu kandungan didalam coklat memungkinkan seseorang untuk melepaskan beberapa beban karena didalam coklat terkandung zat adiktif seperti endorpin yang menimbulkan efek rileks dan tenang ,serta sebisa mungkin hindari junk food atau makanan siap saji karena memang selain hanya karbohidrat saja yang terkandung didalam makanan tersebut juga minim nya vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh kita ,perbanyaklah makan sayur dan buah segar karena dengan tubuh yang fit maka hormon stres yang diproduksi saat kita mengalami depresi dapat dikurangi.

Selain makanan ternyata kehidupan seks yang sehat juga berperan penting dalam mengatasi stres karena pada dasarnya kebutuhan setiap manusia akan seks adalah mutlak maka dengan seks yang sehat dan teratur maka beberapa hormon pemicu stres dapat diminimalisir ,seperti penjelasan saya sebelumnya seks memegang peranan penting dalam tubuh kita, ketika kita melakukan aktifitas seksual maka beberapa hormon yang berguna dapat diproduksi oleh tubuh kita ,seks menimbulkan efek tenang ,nyaman serta melepaskan semua ketegangan yang biasanya dialami para penderita stres , oleh karena itu pola seks yang teratur sangat lah pentin untuk menanggulangi stres seseorang tersebut , tapi perlu di ingat biasanya seseorang yang mengalami stres akan malas berhubungan seks ,padahal itu sebenarnya sangat lah penting ,maka sebaiknya bangunlah hubungan yang baik dengan pasangan sebelum berhubungan seks walalupun itu sedang stres atau malas, sebagai pasangan kita juga harus tau apa yang harus kita lakukan untuk meredakan stres pasangan kita dengan seks tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi fakta tentang stres yang lain yang belum saya masukan disini tapi untuk sementara ini saja dulu untuk kelanjutan nya akan saya muat dalam artikel saya berikutnya.

Demikian yang bisa saya jelaskan tentang stres serta beberapa pencegahan dan tindakan yang harus dilakukan setelah seseorang tersebut mengalami stres atau depresi yang saya ambil dari beberapa sumber dan artikel. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini