Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
,
Kamis, 15 Desember 2011

Hilangnya Peradaban Kuno yang Misterius

Diposting oleh Wak Poo prasetyo

Ada berbagai macam peradaban kuno yang sejati nya hilang atau musnah secara misterius , itu sebenarnya membuat binggung para ahli sejarah dan arkeolog selain fakta yang bisa diungkapkan tentang penyebab hilang nya beberapa peradaban kuno di dunia seperti bencana alam ,perubahan iklim serta hal lain nya yang sampai saat ini masih misterius untuk dipecahkan , dan berikut ini beberapa peradaban kuno didunia yang lenyap secara misterius.

Puebloans Nabatean .

Pada dasarnya peradaban atau kebudayaan para nabatean adalah kebudayaan semitik yang dihuni bagian dari Yordania ,Kanaan dan Arab dari sekitar abad ke enam sebelum masehi yang telah terkenal karena kemampuan mereka membangun kota Petra yang menjadi pusat pemerintahan dan merupakan inti dari kota mereka .

Seperti kita ketahui Petra adalah kota yang dipahat disisi tebing yang sangat mengesan kan karena untuk membangun kota seperti itu tidak lah mudah dengan mahkota permata yang menjadi harta karun yang pada saat itu dsebut Khazneh ,gedung tersebut dimengacu pada bangunan gedung Yunani yang megah.

Nabatean adalah sebuah kebudayaan yang kaya pada saat itu karena melakukan perdagangan yang menjadi sentral atau pusat yang komplek diantaranya mereka memperdagangkan bahan-bahan antara lain seperti sutra ,gading ,rempah-rempah ,logam mulia (emas) ,permata ,kemenyan ,gula ,parfum dan obat-obatan.


Karena luasnya rute perdagangan, budaya Nabatean sangat dipengaruhi oleh Helenistik Yunani, Roma, Arabia dan Asyur. Tidak seperti masyarakat lain waktu mereka, tidak ada perbudakan di Nabatean dan setiap anggota masyarakat memberikan kontribusi dalam tugas-tugas kerja.

Kenapa peradaban ini lenyap ?? :

Selama abad ke keempat, Petra ditinggalkan Nabataen dan tidak ada yang benar-benar tahu mengapa.
bukti arkeologi membuktikan bahwa eksodus mereka adalah salah satu yang terorganisir yang tidak terburu-buru, yang membawa kita untuk percaya bahwa mereka tidak diusir dari Petra oleh budaya lain.
Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa ketika rute perdagangan mereka bergantung pada rute utara mereka tidak bisa lagi mempertahankan peradaban mereka dan meninggalkan Petra .