Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
,
Senin, 17 Oktober 2011

manfa'at dan khasiat teh bagi tubuh

Diposting oleh Wak Poo prasetyo



                                                                                   

                                                                  http://www.facebook.com/ferry.prasetyo

Manfaat tea bagi tubuh kita mungkin tidak banyak orang tahu , karena kadang teh hanya dianggap sebagai  minuman pelepas dahaga saja bagi kita , tapi apakah kita tau kandungan teh tersebut ternyata banyak yang bermanfaat bagi tubuh kita , dari beberapa sumber yang berhasil saya rangkum ternyata zat yang terkandung didalam teh berkhasiat bagi metaolisme tubuh kita , seperti yang pernah dilansir oleh koran tempo yang pernah saya baca dan merupakan salah satu sumber yang saya tulis ini .

Selain kandungan polyphenol , ternyata daun teh juga banyak mengandung vitamin B komplek , C , E , dan vitamin K  dan berikut ini fakta lain tentang teh seperti yang telah dijelaskan oleh Dadan Rodiana seorang peneliti teh dari universitas pasundan bandung

==> Kandungan vitamin B2 ternyata 10 kali lipat dari pada sereal dan sayuran

==> Kandungan vitamin C nya ternyata lebih tinggi dari buah apel , tomat , dan jeruk

==> Kandungan anti oksidan dalam dua cankir teh setara dengan kandungan anti oksidan dalam 7 gelas jus 
        jeruk atau 10 gelas jus apel                                         
       

==> Terdapat kandungan cathecin yang bersifat multifungsi ,anti radang, anti peng-gandaan sel, ati agresi,  
       menurunkan kadar  koesterol LDL , dan melebarkan pembuluh darah , serta pembentukan nitrit oksida



Hanya memang saja tidak dijelaskan secara terperinci jenis tea apa yang dimaksud , karena memang kandungan dari setiap jenis tea berbeda satu sama lain nya.

Selain itu ada banyak lagi manfaat dari meminum secangkir tea baik itu pagi, siang atau malam hari , diantaranya adalah  ;


 Teh mempunyai kafein yang lebih rendah dari kopi.
Kopi biasanya mempunyai kafein 2 hingga 3 kali lipat lebih banyak dari teh. Secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan kafein di teh dengan ukuran yang sama, hanya terdapat kafein sebanyak 30-40 mg saja.


 Mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.
Gumpalan dalam darah yang berasal dari kolesterol menyebabkan serangan jantung dan stroke. Teh dapat membantu melancarkan aliran darah dan membersihkannya. Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa orang yang minum teh setidaknya 2 kali sehari 70% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.


 Teh melindungi tulang.
Tidak hanya susu yang ditambahkan pada teh yang dapat memperkuat tulang Anda. Ada penelitian yang menemukan bahwa orang yang telah meminum teh lebih dari 10 tahun memiliki tulang yang kuat. Ini mungkin disebabkan oleh phytochemical yang terkandung di dalam teh.


Teh memberikan senyum yang indah.
Bukan teh yang menyebabkan kerusakan gigi, namun gula yang dicampurkan di dalamnya yang mempunyai efek buruk pada gigi. Teh sendiri mengandung flouride yang menjauhkan plak dari gigi. Jadi, tambahkanlah teh tawar pada rutinitas Anda dalam menjaga gigi dan gusi.


Teh meningkatkan pertahanan tubuh Anda.
Meminum teh dapat membantu ketahanan tubuh Anda agar terhindar dari infeksi.


Teh melindungi tubuh dari kanker.
Teh mengandung polyphenol, antioksidan yang ditemukan dalam teh, yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

 Teh dapat menjaga tubuh tidak kekurangan cairan.
Selama ini minuman yang mengandung kafein dianggap tak dapat dikategorikan dalam minuman yang memberi kontribusi cairan bagi tubuh. Namun para peneliti ternyata menemukan bahwa minuman berkafein dapat memberikan kontribusi cairan yang sama dengan minuman lain.


 Teh bebas kalori.
Teh tidak mengandung kalori, kecuali jika ditambahkan pemanis atau susu. Mengkonsumsi 250 kalori lebih rendah per harinya akan dapat menurunkan berat badan sebanyak kurang lebih 1/2 kg per minggunya.


 Teh meningkatkan metabolisme tubuh.
Teh, terutama teh hijau, dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Anda dapat membakar sekitar 70-80 kalori tambahan hanya dengan meminum 5 cangkir teh hijau setiap harinya.


Ada pula yang harus Anda perhatikan saat Anda minum teh agar zat yang berguna dalam tubuh tidak hilang, antara lain:
  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.

  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.

  • Kalau bisa minumlah tea tawar yang tanpa dicampur dengan gula , karena minum the dengan pemanis buatan atau gula dapat mengurangi kandungan zat-zat yang bermanfaat didalamnya

  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.

  • Sebaiknya kurangi konsumsi minum tea pada saat sedang hamil dan menyusui,  Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

Nah mungkin itu sedikit yang bisa saya tulis mengenai beberapa khasiat tentang tea yang saya ambil dari  berbagai sumber , semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini