Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
,
Jumat, 14 Oktober 2011

Bahaya akibat kurang minum air

Diposting oleh Fery p


                                       Penyakit yang timbul akibat kurang nya mengkonsumsi air putih

                                         


Sebagai seorang manusia , tubuh kita pada hakekatnya terdiri dari 80% air , maka dari itu alangkah pentingnya air bagi tubuh kita , tapi tanpa disadari jika kita berada dalam kondisi tertentu terkadang kita  lupa akan pentingnya air dalam tubuh kita , sepertinya contoh nya jika kita berada dalam ruangan ber AC  atau dalam kondisi dingin , maka terkadang kita malas untuk hanya sekedar minum air tuk menjaga kondisi tubuh kita , karena kita merasa tidak haus , jadi kita berpikir buat apa minum kalau toh kita tidak merasa haus , asumsi seperti itu mungkin mulai dari sekarang hendaknya kita singkirkan , karena kalau tidak kita akan menanggung akibat nya , dan berikut ini mungkin sedikit fakta yang saya ambil dari beberapa sumber , baik itu medis , atau penelitian ilmiah


Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.

Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit.

Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.

Meski kebutuhan air tiap orang berbeda menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa.

Berikut akibat jika malas minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine :

1. Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.

2. Komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.

3. Dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.

4. Rentan terkena infeksi kandung kemih karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum. Gejala infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

5. Perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

6. Kulit jadi kusam karena kurang minum membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal.

7. Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil.

Nah masih meremehkan pentingnya minum air putih, ?? Dari fakta diatas kita bisa mengambil kesimpulan akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita , walaupun mungkin terlihat sepele , tapi dari hal-hal kecil seperti menjaga kondisi tubuh kita dengan rajin mengkonsumsi air putih akan menjaga kita dari penyakit-penyakit yang bisa timbul sesudahnya . Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar